Rabu, 25 Juli 2012

Script

awalnya aku hanya iseng. iseng menulis judul pada acara "workshop skripsi". aku pikir itu hanya judul sementara sambil aku mencari inspirasi yang lain. sebenarnya tidak mutlak iseng. aku temukan judul itu jauh saat aku masih semester 3. ya, mungkin sedikit dampak dari mantanku yang mengangkat skripsi tentang media. tapi aku akui bahwa aku tertarik pada media, khususnya massa. ada sesuatu yang besar dibalik media yang jarang orang temukan. belum lagi berbagai teki-teki, keterkaitan antara berita satu dengan lainnya ataupun channel-channelnya. media massa banyak memberi insipirasi atas pertanyaan-pertanyaan aneh yang sering kulontarkan pada diri.

saat ini, aku terjebak dalam dunia itu. aku tidak (atau mungkin belum) bisa beralih dari media. aku sempat beberapa kali mencari judul lain. namun jatuhnya adalah aku tidak menemukan fokus yang pasti. mungkin faktor durasi penemuan juga menentukan seberapa fokus pada suatu alternatif. aku telah menemukan jalan terkait dimana lokasi aku akan meneliti, metode apa yang akan digunakan. namun landasan dasarnya justru belum ditemukan. TEORI. aku belum tahu pasti teori apa yang akan menjadi dasar skripsiku. aku telah menemukan beberapa kata kunci. tapi aku belum menemukan lubang dimana kunci itu akan berfungsi. bahkan semakin aku membaca temuan-temuan artikel yang terkait, aku semakin bimbang dengan pilihanku. aku pikir ini bukanlah penelitian kelas S1. aku sudah terlalu jauh berhalusinasi. bahkan yang paling bodoh adalah, aku bingung dimana kemudian aku bisa meletakkan sosiologi sebagai landasan judul tersebut.

setelah dipikir-pikir (dengan otakku), judul itu mengandung unsur komunikasi, kriminal, dan psikologi. mungkin bisa aku mencomot beberapa disiplin ilmu itu, namun tidak serta merta aroma sosiologiku menghilang. itulah kerumitan lainnya yang ku temukan. aku terjerumus dalam kajianku sendiri. aku terjerumus pada sosiologi yang terlalu kompleks! apakah aku telah masuk dunia filsafat? atau terlalu mendramatisir?

satu ledakan lagi yang membuat aku ragu untuk yakin. penelitian itu telah dilakukan oleh kompas pada tahun 2008. dari artikel yang ku download, bahwa hasilnya memang memiliki pengaruh (maaf tidak menunjukan secara gamblang. aku masih bertahan pada mitos bahwa judul skripsi itu RAHASIA). sebenarnya itu adalah kemudahan bagiku. dengan begitu aku bisa mempelajari penelitian tersebut dan mencari kekurangannya yang akan aku lengkapi. dan...aku punya kunci untuk masuk sana. ya, sekali lagi mantanku. dia bekerja sebagai wartawan lepas di surat kabar tersebut. sudah lama aku tak menjalin silaturahmi dengannya. jadi tidak mungkin tiba-tiba aku hadir lagi dalam hidupnya yang mungkin saja telah baik tanpaku. dan aku merasa terlalu hina menjadi manusia yang hanya memanfaatkan silaturahmi untuk kepentingan pribadi. EGOIS!

ada dua jalan yang bisa aku tempuh. terus jalan atau mencari gang yang bisa mempersingkat langkahku. aku hanya berharap apapun itu, skripsi ini akan menjadi karya terbaikku. sebagai persembahan terakhir, aku ingin ini sempurna. maaf Tuhan, aku mencoba meniru sifat-Mu. bantu aku.

yang aku tahu

2 komentar:

  1. jadi ini tentang mantan atau kebimbangan seputar skripsi ? aroma curcol kental disini tampaknya. mihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, baca aja lu ngan. ahahahha, kan malu eke..

      Hapus